Keunggulan Menggunakan Motor Hybrid, Ini yang Harus Diketahui

Daftar Isi
Motor Hybrid
Credit Photo: Pexels


Sepeda motor bisa dibilang saat ini merupakan salah satu sarana transportasi yang cukup penting bagi masyarakat ibukota seperti saya. Di Surabaya, bisa dibilang angkutan kota atau angkot sudah sangat jarang bahkan ada beberapa rute yang berhenti beroperasi.

Hal ini yang menyebabkan saya harus beralih ke transportasi umum seperti bus kota bahkan seringnya menggunakan ojek online. Kebetulan suami saya bekerja sehari-hari menggunakan sepeda motor untuk berangkat ke kantor.

Sebenarnya penggunaan kendaraan bermotor di ibukota lebih cenderung mengakibatkan polusi. Bagaimana tidak, bahan bakar yang digunakan untuk menghidupkan kendaraan bermotor akan mengeluarkan gas buang dimana cukup berbahaya bagi masyarakat yang menghirupnya. 

Gas buang ini banyak mengandung polutan yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia seperti nitrogen dioksida, karbon monoksida serta partikel berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia yang ingin memberikan kontribusi terhadap kelestarian lingkungan hidup, maka sudah saatnya kita beralih menggunakan motor hybrid. Tentu saja proses peralihan itu dibarengi dengan edukasi bahwa motor hybrid saat ini merupakan solusi untuk mengurangi emisi karbon dan tentu saja ramah lingkungan.

Bagi kalian yang mungkin masih awam tentang istilah hybrid serta motor hybrid, maka pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan secara singkat apa itu motor hybrid dan keunggulannya apabila kita menggunakan motor tersebut.

Motor Hybrid adalah kendaraan roda dua yang menggunakan dua sumber daya untuk proses pengoperasian agar dapat digerakkan. Adapun dua sumber daya yang digunakan oleh motor hybrid yaitu dengan bahan bakar bensin dan juga energi dari listrik. 

Apabila merujuk konteks yang saya jelaskan di atas, jelas artinya bahwa hybrid merupakan gabungan atau campuran dari dua komponen energi yang digunakan, yaitu listrik dan bahan bakar bensin. 

Jika ditelusuri lebih mendalam, maka sebenarnya ada banyak keunggulan ketika kita menggunakan motor hybrid untuk berkendara sehari-hari. Berikut keunggulan penggunaan motor hybrid:

1. Lebih Hemat Bahan Bakar

Seperti yang kita ketahui, bahwa motor hybrid selain menggunakan bahan bakar bensin juga menggunakan sumber energi dari listrik. Tentu saja kombinasi antara keduanya lebih menekan biaya operasional dalam pembelian bahan bakar bensin.

Terlebih bagi kalian yang tinggal di kota besar yang padat lalu lintasnya, maka motor hybrid dapat digunakan untuk berkendara karena di saat macet, energi listrik dari motor hybrid yang akan bekerja, sehingga lebih menghemat pemakaian bahan bakar bensin.

2. Ramah Lingkungan

Di samping menggunakan bahan bakar bensin, motor hybrid menggunakan sumber daya listrik untuk menggerakkan motornya. Hal inilah yang membuat lebih ramah lingkungan sebab tidak ada emisi yang dikeluarkan.

Motor hybrid di kota besar tentu membawa dampak positif bagi kondisi udara karena dapat meminimalkan polusi dan mengurangi emisi gas karbon.

3. Biaya Perawatan Lebih Minim

Jika motor konvensional lebih banyak komponen bergerak yang harus dilakukan penggantian apabila terjadi kerusakan, maka lain halnya dengan motor hybrid.

Komponen bergerak pada motor hybrid tidak sebanyak motor konvensional, sehingga dari segi perawatan pun lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanyak ketika kita memiliki motor konvensional.

Adapun beberapa merk sepeda motor hybrid yang sudah beredar di Indonesia diantaranya Yamaha Fazzio Hybrid, Honda PCX e:HEV Hybrid, Yamaha Grand Filano Hybrid Connected dan Yamaha Fascino Hybrid.

Meskipun ada beberapa sepeda motor hybrid yang diproduksi dalam satu pabrikan yang sama, namun tentu saja ada spesifikasi yang berbeda. Jika kalian tertarik untuk membeli sepeda motor hybrid, lebih baik ketahui spesifikasinya terlebih dahulu, apakah cocok dengan kebutuhan atau justru sebaliknya.

Penutup

Di saat membeli kendaraan bermotor, sebaiknya kita juga bijak dalam memilih produk yang akan digunakan untuk keseharian. Dengan menggunakan motor hybrid berarti kita turut berpartisipasi dalam mewujudkan pengurangan emisi gas karbon.

Pengurangan emisi gas karbon nantinya juga akan memperbaiki kualitas udara di sebuah kota sehingga berdampak pula bagi kesehatan warganya yang tinggal di kota tersebut. 

Motor hybrid merupakan inovasi dalam bidang transportasi dimana nantinya diharapkan keberadaan motor listrik yang ramah lingkungan ini dapat digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

10 komentar

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.
Comment Author Avatar
29 Juli 2024 pukul 18.14 Hapus
Motor Hybrid ini modenya ada yang girly banget sukaaa deh apalagi ini bisa sebagai bentuk keperdulian lingkungan kita ya kak
Comment Author Avatar
29 Juli 2024 pukul 18.22 Hapus
Wah bagus sekali ya motor Hybrid , jadi mengurangi polusi juga ya
Comment Author Avatar
29 Juli 2024 pukul 21.38 Hapus
motor listrik yang keren dan cocok digunakan karena hemat bahan bakar dan anti polusi
Comment Author Avatar
29 Juli 2024 pukul 22.26 Hapus
Wah motor Hybrid ini bebas polusi udara pasti ya terus biaya perawatan lebih minim jadi lebih hemat juga digunakannya, tertarik nih untuk punya motor hybrid
Comment Author Avatar
30 Juli 2024 pukul 12.57 Hapus
Kalau berbicara soal keberlanjutan, kita memang sudah harus menggunakan kendaraan yang memang dirancang lebih ramah lingkungan. Selain motor listrik, motor hybrid juga bisa menjadi pilihan.
Comment Author Avatar
31 Juli 2024 pukul 15.30 Hapus
Kalau dari segi perawatan dia lebih murah karena komponen geraknya lebih sedikit dari tipe yang konvensional. Lalu apakah harga spare part nya sama dengan yang konvensional? Karena kan jenisnya hibrida, apakah spare part nya malah gak lebih banyak bedanya dari yang konvensional ya, Kak?
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 10.09 Hapus
Jadi motor hybrid ini bekerja secara bergantian dan secara otimatis ya Mbak penggunaan energinya. Kalau lagi pelan, motor langsung menyesuaikan pakai tenaga listriknya, kalau pas lagi cepet, pakai bensin. Keren sih, soalnya saya baru tahu nih soal mobil hybrids.
Comment Author Avatar
Anonim
1 Agustus 2024 pukul 16.25 Hapus
Motor hybrid yang juga menggunakan listrik sangat ramah lingkungan, perlu didukung dan diperbanyak, bahkan brand motor ternama sudah punya produknya, tentu membuktikan kesadaran kendaraan ramah lingkungan semakin menguat.
Comment Author Avatar
1 Agustus 2024 pukul 17.22 Hapus
Ini langkah terbaik untuk menghemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Jadi, dengan menggunakan motor hybrid, kita juga berkontribusi dalam melestarikan alam.
Comment Author Avatar
2 Agustus 2024 pukul 05.25 Hapus
Selain motor, mobil-mobil pun kulihat mulai beralih ke teknologi hybrid ya.
Secara teknik belum terlalu paham sih aku. Kapan pakai listrik dan kapan pakai bensinnya. Apakah pada kecepatan tertentu trus ceklek beralih ke bensin gitu? Cari ah ilustrasinya...