Kolaborasi Prakerja x Coursera, Makin Banyak Pilihan Pelatihan Untuk Peserta

Daftar Isi
Saat ini kita berada di era persaingan kerja yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, kita juga harus bersaing dengan tenaga kerja lain yang memiliki skill multitalenta. Oleh karena itu, apabila kita tidak mengikuti perkembangan zaman maka sulit untuk beradaptasi.

Salah satu cara meningkatkan skill agar mampu bersaing di dunia kerja adalah dengan mengikuti pelatihan. Dan platform pelatihan yang diselenggarakan pemerintah dan cukup berdampak positif adalah Prakerja.

Prakerja diluncurkan pada bulan April tahun 2020. Ini artinya Prakerja sudah memasuki tahun ke-4 dimana banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia pemberian skilling, reskilling dan juga upskiling kepada lebih dari 18,9 juta orang penerima yang merupakan tenaga kerja produktif. 

Selama tahun 2020 sampai dengan 2022, Prakerja menjadi bagian Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang diakibatkan oleh pandemi  COVID-19. Setiap peserta yang mendaftarkan dirinya di Prakerja akan memperoleh manfaat berupa beasiswa pelatihan sebesar Rp3,5 juta. Beasiswa inilah yang dapat dimanfaatkan dengan mengambil berbagai macam kelas pelatihan yang ditawarkan oleh mitra Prakerja.

Untuk itu ketika kalian mendaftar di Prakerja, diharuskan memiliki akun e-wallet karena beasiswa yang diterima akan masuk ke e-wallet dan digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan. 

Prakerja sendiri berkolaborasi secara luas dengan lembaga-lembaga pendidikan dan juga pelatihan dimana nantinya lembaga-lembaga tersebut akan memberikan pelatihan kepada peserta yang mendaftar Prakerja. 

Karena misi dari Prakerja sendiri yaitu menyediakan  ekosistem  belajar  yang  terintegrasi,  relevan,  dan  berkualitas  melalui kemitraan multi-pihak maka ada banyak sekali mitra yang digandeng demi tercapainya tujuan Prakerja didirikan.
  
Tujuan dari Prakerja untuk para pesertanya adalah meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing, serta mendorong kewirausahaan angkatan kerja.

Kolaborasi Prakerja x Coursera, Bantu Perbesar Peluang Mendapatkan Pekerjaan

Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, bahwa kolaborasi Prakerja dengan pihak ketiga merupakan suatu cara yang efektif dalam meningkatkan kualiatas pelatihan, maka Prakerja pun berkolaborasi dengan Coursera dan Alibaba.

Prakerja menyediakan program pelatihan gratis di Coursera, platform edukasi online yang menawarkan berbagai macam kursus dari universitas dan institusi ternama di dunia. 

Di Cooursera sendiri menawarkan lima kategori pelatihan yang dapat diakses secara gratis selama 90 hari. Lima kategori tersebut adalah : Engineering dan IT, AI dan data, Bisnis, Product dan Design, serta Green Skills. 

Meskipun dalam bentuk kolaborasi namun peserta Prakerja tetap mendapatkan sertifikat kelulusan di Coursera, dimana sertifikat itu telah diakui di dunia kerja. Adapun syarat ketika hendak mengikuti pelatihan di Coursera adalah usia peserta maksimal 35 tahun dan minimal lulusan SMA.

Dengan mengikuti pelatihan di Coursera tentu saja akan meningkatkan keterampilan dan peluang kerja, serta menambah portofolio bagi peserta Prakerja. Sampai saat ini, terhitung peserta yang mengikuti program pelatihan Coursera telah mencapai 6.477 peserta.

Kolaborasi lainnya yang dapat dimanfaatkan peserta adalah Prakerja x Alibaba dimana peserta bisa mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan oleh Alibaba Cloud Academy.

Adapun tujuan dari Prakerja berkolaborasi dengan Alibaba Cloud Academy adalah untuk membangun talenta digital yang berkualitas di Indonesia. Alibaba Cloud Academy sendiri menawarkan 2 program pelatihan yang bisa dipilih peserta Prakerja, yaitu Cloud Computing dan Big Data.

Untuk kalian yang tertarik bergabung di program pelatihan Alibaba Cloud Academy, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, antara lain:
  • Usia 18 sampai 38 tahun
  • Memiliki akun Prakerja
  • Terbuka untuk peserta yang sudah menerima Kartu Prakerja maupun yang belum menerima
  • Memiliki latar belakang IT, apakah itu sedang atau pernah kuliah di jurusan IT maupun pengalaman kerja di bidang IT. 
Program  Prakerja x Alibaba sudah berakhir masa pendaftarannya di tahun 2024 ini. Semoga di tahun 2025 Prakerja kembali berkolaborasi dengan Alibaba dengan membuka program pelatihan.

Penutup

Lembaga pelatihan Prakerja merupakan platform yang bisa diikuti oleh siapa saja selama masih berusia 18 sampai 64 tahun. Tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu serta meningkatkan skill.

Persaingan di dunia kerja dan dunia usaha makin tinggi dengan banyaknya skill yang dikuasai oleh satu orang. Oleh karena itu kita harus memperbanyak skill baru agar bisa beradaptasi dengan dunia kerja maupun dunia usaha.

Posting Komentar